Beberapa Jenis Switch Hub Untuk CCTV

Beberapa Jenis Switch Hub untuk CCTV

Untuk orang – orang yang berkecimpung dibidang jaringan maupun CCTV pasti sudah familiar dengan perangkat yang disebut “Switch Hub”. Bagaimana tidak familiar, perangkat ini sangat sering dipakai dalam sistem CCTV maupun jaringan internet.
Apakah kalian tau kalau switch hub memiliki beberapa jenis dan perbedaan? Baik dari tampilan fisik, kemampuan pengiriman data, maupun fitur – fitur khusus lainnya.
Menurut kemampuan pengiriman data atau lebih tepatnya kecepatan pengiriman data switch hub ada beberapa jenis hanya saja yang beredar ke konsumen biasa hanya 2 jenis yaitu Gigabit Ethernet dan non-gigabit atau Fast Ethernet.
Fast Ethernet adalah teknologi Ethernet yang memiliki kecepatan 100 Mbps. Teknologi ini Mulai diperkenalkan pada tahun 1980, saat itu kecepatannya masih 10 Mbps. 15 tahun kemudian (tahun 1995) versi terbaru disebut sebagai “10/100” Mbps (artinya memiliki kecepatan maksimum 100 Megabit per detik). Sementara itu Gigabit Ethernet adalah teknologi Ethernet yang memiliki kecepatan sampai maksimum 1.000 Megabit (atau 1 Gigabit) per detik. Hadir di tahun 1998, Gigabit Ethernet atau “10/100/1000” Mbps saat ini menjadi standar baru.

Untuk sistem CCTV ada switch hub khusus yang berguna saat instalasi CCTV berbasis IPCam atau kamera IP yaitu Switch PoE (Power Over Ethernet). Switch jenis ini hampir sama seperti switch biasa hanya saja memiliki kemampuan untuk mengalirkan atau memberikan pasokan tenaga kepada alat elektronik lain melalui kabel jaringan (UTP). Dengan demikian kamera CCTV IPCam tidak perlu menggunakan adaptor sendiri untuk hidup atau menyala sehingga sangat memudahkan saat instalasi.

Sekian dari kami, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman – teman semua. Nantikan artikel kami selanjunya di website cctvsurabaya.com.

Jika teman – teman membutuhkan jasa konsultasi atau instalasi/pemasangan CCTV, kami siap membantu. Hubungi 081232232329 atau melalui website cctvsurabaya.com