Cara Mencegah Kerusakan CCTV Karena Sambaran Petir

Cara Mencegah Kerusakan CCTV Karena Sambaran Petir

Banyak faktor yang menyebabkan kerusakan CCTV baik itu faktor eksternal maupun internal. Seperti kabel yang tergigit tikus (hewan pengerat), konsleting listrik, perangkat CCTV yang tidak tahan terhadap air terkena air/cairan, bahkan sampai sambaran petir.

Oleh karena peran CCTV sangatlah penting, wajib bagi kita mengetahui dan mengantisipasi supaya CCTV bisa lebih awet dan minim kerusakan dari faktor internal maupun eksternal.

Salah satu faktor eksternal yang bisa diantisipasi yaitu terkena sambaran petir. Terkena sambaran petir sering dialami kamera CCTV yang diletakan di luar ruangan, terutama jika titik pasang sangat tinggi. Bagaimana cara antisipasinya? Yaitu dengan memasang anti petir pada CCTV.

Memasang Anti Petir pada CCTV

Cara Mencegah Kerusakan CCTV Karena Sambaran Petir

Pencegahan pertama yang bisa dilakukan saat memasang CCTV bisa menggunakan RG protector, lalu yang kedua menggunakan alat/perangkat Surge Protector. Dengan menggunakan alat – alat tersebut diharapkan akan meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh sambaran petir.
Terdapat dua jenis surge protector untuk CCTV yaitu. Surge protector untuk kamera analog dan juga untuk internet protocol (IP) Kamera. Saat dilihat sekilas alatnya sama namun terdapat perbedaan yang cukup mencolok yaitu pada proses pemasangannya yakni pada bagian input dan output-nya.

Saat memasang anti petir pada perangkat cctv, setiap ujung camera yang terpasang di area yang rawan sambaran petir harus diberikan perangkat anti petir. Dengan begitu ketika petir menyambar arus petir sudah tertahan oleh anti petir tersebut sebelum menuju ke perangkat CCTV sehingga mencegah kerusakan pada perangkat CCTV.

Jika teman – teman membutuhkan jasa konsultasi atau instalasi/pemasangan CCTV, kami siap membantu. Hubungi 081232232329 atau melalui website cctvsurabaya.com