Mengenal Kompresi video H265 dalam CCTV

Mengenal Kompresi video H265 dalam CCTV

Dalam dunia CCTV sekarang ini dengan perkembangan spesifikasi produk CCTV khususnya kamera yang sangat cepat meningkat, membutuhkan dukungan teknologi yang lebih mutahir dan efisien terutama sistem kompresi video.
Bagi sebagian orang yang sudah terjun ke dunia CCTV sejak lama mungkin sudah mengenal kompresi video h.264 yang lazim digunakan pada produk CCTV.
Namun dikarenakan perkembangan yang sangat cepat pada spesifikasi produk CCTV khususnya kamera CCTV dengan ditandai dengan meningkatnya pixel/resolusi kamera yang sudah sampai 8mp – 40mp dan resolusi 4K UHD keatas, maka diperlukan sistem baru untuk kompresi video.
Kenapa dibutuhkan sistem baru ? kenapa tidak memakai kompresi h.264 ?, hal ini dikarenakan kompresi h.264 memiliki batas kompresi video, batas maksimal h.264 mendukung sampai resolusi 4K UHD atau 8,3 MP video, serta Frame per second sampai 60 fps saja, tentu batasan ini berpengaruh besar untuk menciptakan sistem kompresi yang lebih baru dan efisien.

Dengan batasan kompresi h.264 diatas akhirnya muncul standar kompresi baru yaitu H.265. H.265 merupakan penerus teknologi kompresi H.264, standar baru  ini sudah mendukung resolusi sampai 8K UHD atau setara 33,2 MP bahkan frame per second sanggup mendukung sampai 300 FPS. Sistem H.265 ini juga diklaim lebih efisien 40-50 persen dari teknologi kompresi sebelumnya, dengan sistem yang lebih efisien ini dapat menghasilkan bandwidth yang lebih rendah tapi kualitas gambar tetap sama bahkan bisa lebih baik.
Bandwidth rendah ini sangat membantu dikarenakan jika menggunakan kamera beresolusi atau MP (megapixel) tinggi tentu hasil rekaman memiliki ukuran besar dengan adanya sistem H.265 yang menghasilkan bandwidth rendah ukuran video bisa dikompresi sehingga membuat penyimpanan kita tidak cepat penuh.

Dengan berbagai keunggulan diatas tentu membuat banyak pihak produsen perangkat CCTV mengganti standar sistem kompresi menggunakan sistem H.265 yang lebih baru dan efisien.
Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua dan nantikan artikel kami selanjunya.

Jika teman – teman membutuhkan jasa konsultasi CCTV atau pemasangan kami siap membantu. Bisa dengan menghubungi whatsapp kami yang tertera di website cctvsurabaya.com